Rabu, 14 April 2010

Tugas 5 (Konflik)


1. Apa yang anda ketahui tentang "Konflik", Jelaskan Pendapat saudara ?

2. Apa yang menyebabkan timbulnya konflik di antara kelompok ? Jelaskan ?

3. Mengapa orang berpendapat bahwa pertentangan kelompok itu bersifat negative ? Jelaskan !

4. Menuruti jenisnya konflik ada 4 yaitu : Personal role conflict, inter role conflict, intersender conflict. Berikan masing- masing contohnya sesuai dengan konflik yang pernah anda alami atau yang pernah anda lihat ?

5. Mengapa hidup ini harus ada konflik ? Jelaskan pendapat saudara ?

--------------------------------------------------------------------

Answer :=:

--------------------------------------------------------------------

1.
Konflik adalah suatu bentuk hubungan interaksi seseorang dengan orang lain atau suatu kelompok dengan kelompok lain, dimana masing-masing pihak secara sadar, berkemauan, berpeluang dan berkemampuan saling melakukan tindakan untuk mempertentangkan suatu isu yang diangkat dan dipermasalahkan antara yang satu dengan yang lain berdasarkan alasan tertentu.

Konflik vertical adalah suatu hubungan interaksi antara satu kelas social yang berbeda tingkatan akibat adanya pertentangan kepentingan yang difasilitasi atau kelompok sosil yang berbeda di satu pihak dengan satu kelompok di pihak lainnya.

Konflik horizontal adalah suatu hubungan interaksi vertikal (antar kelas sosial) yang memanfaatkan secara sengaja menciptakan konflik horizontal, dan atau sebaliknya suatu konflik horizontal yang memanfaatkan/secara sengaja menciptakan konflik, sebagai kamuplase atau cara untuk mendukung terwujudnya tujuan atau kondisi yang dikehendaki.

2.
terjadi karena berbagai prasangka dan sebab. Seperti, prasangka-prasangka ras, suku, agama, keyakinan politik atau ideologi, dan lain sebagainya, dan sebab adanya ketidak-adilan dalam akses pada sumberdaya ekonomi dan politik. Adanya ketidak-adilan akses pada sumberdaya ekonomi dan politik memperparah berbagai prasangka yang sudah ada di antara kelompok.

3.

Karena adanya latar belakang daerah, bisa ras, bisa agama, bisa

kelas sosial dan setiap orang sadar di-kelompok mana ia berada, sebab itu ada

garis pemisah yang tegas antara kawan dan lawan yang membuat sifat negative.

4.
Contoh Konflik :

Personal Role Conflict : yang pernah saya alami adalah ketidak cocokan saya saat berkerja yang tidak menggunakan komputer karena saya menginginkan berkerja dengan sebuah komputer yang mendampingi saya.

Inter Role Conflict : saya pernah melihat persoalan timbul karena satu orang menjabat dua atau lebih fungsi yang saling bertentangan.

Intersender Conflict : pegawai berhadapan dengan harapan organisasi terhadapnya yang tidak konsisten dan tidak sesuai.

Intrasender Conflict : karyawan atau manajer yang menduduki jabatan di dua struktur. Akibatnya, jika masing-masing struktur memprioritaskan pekerjaan yang tidak sama, akan berdampak pada karyawan atau manajer yang berada pada posisi dibawahnya, terutama jika mereka harus memilih salah satu alternative.

5.
Pertanyaan ini sedikit membuat bingung tapi saya harus tetap menjawab dengan jujur. Hidup harus mempunyai konflik agar kita tetap ingat kepada tuhan kita masing- masing dan karena adanya konflik kita dapat mencari sebuah keputusan untuk kepentingan bersama yang tidak memihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar