Rabu, 10 Maret 2010

1. Jelaskan mengapa O & M memainkan peranan yang sangat penting dalam rangka proses manajemen?


JAWAB :

PENGERTIAN ORGANISASI DAN METODE:


Sebelum menguraikan pengertian organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan ditinjau secara sekilas arti dari kata organisasi dan metode.

Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :

1. Wadah, yaitu sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.


2. Proses, yaitu pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien

PENGERTIAN ORGANISASI DAN METODE:



Pengertian organisasi dan metode (secara lengkap) adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Organisasi dan metode memainkan peranan yang sangat penting dalam rangka memproses manajemen, karena betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan metode. bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.

Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :

  1. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen.
  2. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  3. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
  4. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya.

Dari uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan metode.

Hal ini didapat dari arti metode dan organisasi yang dapat di uraikan sebagai berikut.Organisasi adalah proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen ,terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Dan maksud dari pengertian di atas adalah bahwa Organisasi dan Metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya dan penting bagi kegiatan manajemen.


Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manager) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.

Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan dalam manajemen .

Kegiatan manajemen :

a. Planning (perencanaan).

b. Organizing (pengorganisasian)


c. Motivating (pendorongan).

d. Controlling (pengendalian).


2. Jelaskan Hubungan Manajemen dan tata kerja menurut pendapat anda?


JAWAB:


Menurut pendapat saya tentang definisi MANAJEMEN DAN TATA KERJA adalah :


Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia ,dan sangat amat diperlukan, dapat dimanfaatkan dengan baik dan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.


Dengan tata kerja yang dikerjakan secara tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :

ü menghindari terjadinya pemborosan dalam pendayagunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia serta materi.

ü Menghindari suatu hambatan dan permasalahan dalam proses pencapaian tujuan.

ü Menjamin adanya pembagusan kerja, waktu, dan koordinasi yang tepat serta akurat dan praktis.

Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat digambarkan seperti di bawah ini:



-Manajemen adalah: Menjelaskan perlu adanya proses suatu kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya sebuah tujuan yang tepat.


-Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai


dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

3. Mengapa hubungan manajemen, tata kerja dan organisasi bersifat erat?


JAWAB :

a. Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.

b. Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja

sama.

c. Tata Kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus

dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

Dari konsep yang ada diatas tersebut,sudah jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.

4. skema hubungan manajemen,organisasi,dan tata kerja ?


Gambar di atas menunjukkan skema hubungan manajemen,organisasi dan tata kerja…

Dari gambar di atas bisa saya simpulkan bahwa ketiga hal (manajemen, tata kerja dan organisasi berhubungan erat) mengarah pada suatu tujuan yang efisien.



Manajemen / Proses kegiatan pencapaian tujuan yang melalui Kerja Sama antar Manusia (Organisasi) yang merupakan alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat pemnelompokan kerja sama. pola tersebut harus dilaksanakan sesuai dengan rencana dan mempunyai Tata Kerja sehingga dapat mencapai Tujuan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar